Wednesday, October 07, 2009

Tanda-tanda Hamil, Kista, Rahim Retro

Hai preeeendddssss...

Kebetulan gw dateng pagi nih ke kantor. Sebelum kesibukan dimulai, gw mo crita2 dulu aaah...

Btw, makasih banyak yaaa atas ucapan selamat hamil-nya (hihihi, lucu ya istilahnya). Ada juga para passive reader yang kontek gw di FB atau YM atau email untuk bertanya2 seputar program hamil, kista, rahim retro. Sebisa mungkin gw jawab berdasarkan pengalaman gw... Moga2 bisa membantu tambah2 wawasan yaaa ;)

Gw uda crita belum siy klo gw uda direncanain lahir caesar sama dr Med? Padahal masih jauh yak, tapi dokter bilang, kasus gw uda masuk infertil primer... artinya, pasangan yang sudah menikah lebih dari setahun, gak pernah berencana menunda momongan (pake KB dsb), tapi belum juga pernah hamil (termasuk belum pernah keguguran). Sedangkan bagi pasangan yang sengaja menunda, atau pernah hamil tapi keguguran, masuk kategori infertil sekunder.

Nah berhubung gw masuk kategori infertil primer dan masalah gw emang ada macem2, wkwkwkwkw... jadi better caesar dengan tujuan: 1. pada saat operasi sekalian "membereskan" semua masalah di dalam organ reproduksi (rahim) gw, 2. memperbesar chance untuk melahirkan secara aman.

Gw sih sekarang uda jadi pasien "baik", "penurut"... jadi gw setuju aja deh. Lagian gw emang berencana sampe lahiran maunya ditanganin sama dr Med aja. Walaupun jauh ke Tangerang, gak pa-pa... Abis uda merasa sreg :)

Btw, sekarang gw mo crita soal tanda2 niiiih... Tanda2 apaan sih? Ada 3 macem sebenernya: 1. hamil, 2. kista, 3. rahim retro. Yah buat sharing aja ya, siapa tau nanti bermanfaat bagi yang lain. Tapiii... jangan jadikan tanda2 ini sebagai patokan, karena tiap orang bisa beda2 kasusnya. Trus yang terpenting, untuk tanda2 kista dan rahim retro, klo pun sampai ada diantara kalian yang benar2 mengalami, pesan gw cuma 1: jangan cemas, tetap optimis... Semua masalah pasti bisa diatasi sepanjang kita mau berusaha (dan berdoa tentunya)!

Mulai aja, yuk ;)

1. Tanda-tanda hamil

Skali lagi, ini cuma berdasarkan pengalaman gw yaaa... Kebanyakan orang bilang tanda2 hamil sama seperti PMS. Lha klo gw justru beda! Jadi kira2 seminggu sebelum jadwal seharusnya mens, gw malah mengalami hal ini:

a. Keputihan hebat

Terus terang nih, seumur2 gw gak pernah ngalamin keputihan. Sama sekali. Palingan klo lagi masa subur ada keluar lendir, itu pun beda bentuknya. Klo lendir kesuburan lebih pekat, bening, dan kental. Sedangkan yang gw alami ini warnanya putih susu, cair, dan... banyak banget! Gw sampe perlu pake softex loh (bukan panty liner lagi) untuk "menampung" ini, hihihihi... Sori ya buat cowok ini rada2 jorse... Tapi anggep aja pengetahuan ilmiah, wkwkwkw.

Awalnya karena saking "deras"nya, mrs V sampai terasa panas n agak gatel. Gw uda panik aja... Apa gw salah makan? Salah cebok (air kotor)? Atau kenapa sih? Tadinya gw uda mo langsung ke dokter, tapi karena lagi masa libur Lebaran, dokternya masih cuti. Lama2 gw gak tahan juga, gw telp aja dr Med... eh ternyata saran dokter simple aja... Disuruh rebus air daun sirih, trus cebok deh dg air rebusan itu. Air rebusan masih bisa dipake sebelum 24 jam.

Setelah gw turuti, ternyata bener tuh... perlahan problem itu ilang. Sekarang sih masih gw alami, tapi uda gak separah sebelumnya, dan uda gak ada rasa gatel lagi (hihihi, jadi malu :p)

Ternyata setelah gw baca2, keputihan ini lazim dialami bumil karena ada perubahan hormon di dalam tubuh (yang diantaranya menyebabkan penebalan dinding rahim yang dipersiapkan bagi calon janin). Trus ada juga hormon2 baru yang terbentuk selama masa kehamilan :)

b. Payudara (PD) tidak sakit

Ini tanda2 yang paling lain yang gw alami dengan kebanyakan bumil. Klo gw baca rata2 bumil bilang PD berasa bengkak n sakit seperti menjelang mens. Gw mah kagak :p Gw malah heran, kok PD gw normal2 aja (sampe gw pencet2 sendiri, HAHAHAHAHA!). Gw merasa PD agak bengkak n sakit justru sekarang2 ini, yaitu menjelang telat 2 minggu. Mungkin sekarang PD lagi dipersiapkan untuk menyusui... tapi masih lama kok, hihihihi...

c. Bagian bawah perut lembek

Gw punya kebiasaan, klo mo mens suka pegang2 perut bawah. Nti klo berasa kenceng, kira2 seminggu setelahnya keluar deh mens. Gw pernah dikasih tau sama tukang urut dan dokter juga sih. Katanya pada saat perut keras (menegang) itu, sebenernya adalah dinding rahim yang siap2 runtuh. Bagi yang belum pernah memperhatikan, coba aja dipegang2... nti berasa deh bedanya antara mau mens dan setelah mens (pas mens keluar, lemes lagi)

Nah yang gw alami sebelum hamil itu, perut gw lembek aja... normal seperti belum mens. Jadi PD lembek, perut lembek... semua lembek... HAHAHAHAHA!

d. Mual

Ini datengnya gak bisa diperkirakan. Semau2nya dia deh. Bisa pagi, siang, sore... Secara gw juga punya sakit maag, jadi gw pikir mual ini karena maag gw kambuh. Apalagi sehari sebelumnya gw abis2an makan rujak, wkwkwkw. Trus gw minta deh obat maag dari nyak... Heirannya, uda makan obat, masih aja mual. Trus klo maag kan tiap mual dikasih makanan trus mualnya ilang. Ini uda dikasih makan, eh 30 menit kemudian mual lagi. Aneh, wkwkwkwkw...

Ternyata mual disebabkan karena ada perubahan hormon juga. Sekarang sih gw uda dikasih obat sama dr Med. Ada 2 macem, klo mualnya sebelum makan, itu tandanya maag, dikasih obat maag. Tapi klo sesudah makan, itu tandanya bawaan bayi, dikasih obat yang beda. Sekarang gw binun mo minum yang mana, soale baik sebelum dan sesudah makan, tetep aja mual... Jadi gw pilih kagak usah makan tuh obat. Gw tahan2 aja deh :))

e. Bawaannya Ngantuk

Biasanya siang n sore... Trus klo malem, dulu sebelum hamil gw kan masih "perkasa"... nonton tipi dulu, nyiap2in barang bawaan buat besok. Malah fashion show dulu milih2 n nyobain baju yang mo dipake besoknya. Klo sekarang mah, pulang kantor, trus mandi, trus ngorok... Tapi kebanyakan bobok, nti tengah malem kebangun... melek... guling2... baru bisa tidur lagi T_T

f. Laperan

Semenjak gw rajin olahraga dan jaga makan, malem2 gw gak pernah lagi makan karbohidrat. Cukup makan apel atau sumber makanan protein trus tidur n bertahan sampe pagi tanpa pernah ada masalah. Eh... kira2 pas gw telat mens 2 hari, gw pernah loh... bangun jam 2 pagi... trus gak bisa tidur lagi. Bolak-balik... gak bisa merem... yang kepikiran cuma bakso, mie ayam, steak, pizza, makanan Jepun...

Tau gak, akhirnya tengah malem buta itu gw bangkit dari tempat tidur, trus ke dapur, trus bikin roti deh... Setelah nginyem2, baru gw bisa tidur... WAKAKAKAKAKAKAKA! Sumpeh, seumur2 baru ngalamin yang kaya gini :p :D :))

Setelah itu maaaah... laperan mulu deh... Sampe pernah gw uda makan nasi 3x plus mie ayam plus roti plus donut plus susu plus buah... eh sejam kemudian... laper lagi. Gaswaaaat! Mana susahnya tuh, gw kan sebenernya masih pantang karena ada kista... tapi klo begini pegimana yaaaak?!

g. Suhu Badan Tinggi

Sebenernya suhu badan (lebih tepat suhu basal, yaitu suhu yang diukur pas saat kita bangun tidur, belum melakukan aktivitas apapun, even kencing aja belom, wkwkwkw) akan meningkat sejak masa ovulasi. Biasa suhu badan normal adalah 36.4 ke bawah. Tapi pada saat masa subur bisa naik jadi 36.5 sampai 37.

Nanti pada saat suhu basal tsb tiba2 turun di bawah 36.5 lagi, saat itu lah kita akan mens. Nah bedanya klo hamil, suhunya akan naik terus, gak akan turun2.

Tadinya gw gak terlalu ngeh klo gw hamil... tapi yang gw rasain badan gw anget terus. Bahkan orang2 pada menggigil di AC, pake jaket... gw nyantai aja dg kemeja lengan pendek :p. Apalagi klo malem tuh, badannya lebih anget lagi :d

h. Ngidam Apartemen...

Wakakaka, ini mah emaknya yang pengen... anaknya dibawa2... wakakaka.... SKIP-SKIP... tanda2 ngaco :))

i. Manja...

Ini juga emaknya yang gak beres... memanfaatkan keadaan... MWAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK!!!!

Udah noh tanda2 hamil... Sekarang...

2. Tanda-tanda Penyakit Kista

Tapi ini juga gak bisa dijadiin patokan lho, secara tiap orang bisa beda2. Ini sepanjang yang gw tau atau gw alami yaaa... Ada juga yang gw tau tapi gak gw alami. So better untuk pre-caution, gak ada salahnya sebagai cewek kita rajin2 periksa. Juga bagi yang uda jelas2 punya, saran gw sih... jangan terburu2 ambil tindakan operasi. Karena sampai dengan saat ini, belum ada pengobatan yang menjamin kista bener2 sembuh total, termasuk operasi. So, klo masih bisa dengan cara lain selain operasi, dicoba aja.

a. Sering sakit saat/menjelang menstruasi

Yang ini gw gak pernah alami, jadi gw gak tau persis seperti apa rasanya. Tapi yang gw baca2 sih, rasanya seperti melilit2, ditusuk2 jarum dan keram2 hebat ya? Bagi yang sering sakit saat/menjelang mens, sebaiknya diperiksa dengan USG atau USG-tv (klo uda merit).

Juga jangan seneng2 klo yang mens lancar2 aja. Bukti nyata adalah gw. Mens teratur, gak pernah sakit... eh kista. Jadi, balik lagi deh liat pola makan kita. Terutama yang lebih sering konsumsi daging daripada buah/sayuran, punya potensi lebih besar mengidap kista. Gw kena kista juga karena pola makan yang gak bener. Coba untuk hidup lebih sehat deh ;)

b. Ada rasa ngilu menjelang masa subur

Ini juga gak pernah gw alami, tapi gw dengar dari salah seorang teman. Jadi bagi dia gak perlu susah2 beli Ovutest atau cek suhu basal utk tahu masa subur. Klo ada rasa ngilu setelah mens dan sebelum mens berikutnya, berarti dia lagi masa subur, wkwkwkw...

Terutama kista endometriosis ya, secara dia kan nempelnya di indung telur, amat sangat mungkin menganggu dan menghambat proses matangnya telur dan malah bisa jadi menghentikan proses Ovulasi (pecah telur).

Rasa ngilu juga bisa disebabkan karena ada infeksi/luka pada saluran tuba falopii (kasus kista endometriosis). Jadi pada saat masa subur, semua hormon mungkin sedang bereaksi dan menyebabkan infeksi/luka semakin meradang (ini analisa sok tau dari gw, wakakakakakakak!... tapi sapa tau bener?! hihihihi)

c. Mens tidak teratur

Sekali lagi, gw gak alami hal ini. Makanya, kasus gw tuh bener2 "siluman"... klo bukan karena cek ke dokter, gw gak akan tau klo gw mengidap kista, secara semua sepertinya normal2 aja.

Kista sendiri muncul karena tidak stabilnya hormon endrogen dan estrogen. Yang harusnya 50-50, ini bisa 75-25. Hormon yang tidak seimbang membuat waktu biologis dan reproduksi kita juga kacau. Sehingga yang harusnya mens teratur 28-30 hari sekali, ini sampai 2-3 bulan belum dapet2 juga.

Jadi, klo mengalami gejala mens tidak teratur, jangan ragu2 periksa ke dokter. Apalagi bagi yang mo cepet hamil, agak sulit menghitung masa subur. Semakin cepat masalah ini diatasi, semakin cepat chance untuk hamil :)

d. Banyak jerawat di daerah sekitar dagu atau rahang

Jerawatan, terutama yang kambuhan di daerah sekitar dagu atau rahang dicurigai bisa mengidap kista. Gw taunya dari dokter kulit soale dulu gw sering tuh jerawatan di daerah situ. Lain2 mulus2 aja, tapi yang daerah situ selalu nongol maning nongol maning, wkwkwkwkwkw...

Katanya itu efek dari pencernaan yang kurang baik. Makannya kurang bagus, pencernaan gak lancar, jadi tidak semua terbuang. Akhirnya menumpuk di usus besar, dan menjadi racun. Salah satunya berbentuk kista. Klo dipikir2 analisanya bener juga. Soale balik lagi tuh, penyebab kista kan 85% adalah makan yang gak bener. Coba klo rajin2 makan sayur, buah, yang sehat2... pencernaan lancar, usus gak menampung racun, jadinya bebas dari kista deh :)

Opo meneh? Gw rasa cukup deh tanda2 kista itu... Klo ada salah sori ya... Kan tiap orang beda2... Malah klo kurang boleh tuh ditambahin ;)

3. Tanda-tanda Rahim Retro

Ini juga gak bisa dideteksi secara pasti klo gak melalui USG-tv. Itu pun menurut beberapa dokter gak masalah punya rahim retro. Bukan berarti gak bisa hamil... Banyak kok yang rahim retro tetep hamil dg cara alami... gak pake nungging2 ato insem kaya gw... Wakakakakaka!

Mungkin diliat kasusnya juga ya. Retro itu kan bisa macem2 derajad nekuknya. Klo yang nekuk dikit mah masih bisa laaah cara2 alami ato nungging after ML selama 4 jam deh maksimal (klo tahan, HAHAHAHAHA!)

Tapi klo kasus gw niiih, uda masuk kategori hyper-retro. Jadi emang uda extrem nekuknya. Tau dah gw salah apa waktu kecil dulu. Apa karena uda keturunan... tapi nyak gw rahimnya normal2 aja. Gw rasa karena dulu keseringan ngejar layangan sama bolak-balik jatoh dari sepeda mulu kale makanya rahim gw jadi jumpalitan, mwakakakakakakaka!

Buat pelajaran tuh bagi ortu yang punya anak cewek. Coba dijaga lebih baik, tomboy sih gpp, asal jangan sering jatoh (susah kali ya biasanya cewek tomboy maenannya gak ada yang kalem, hihihihi)

Btw, klo belum sempet cek USG-tv ke dokter, rahim retro ini sebenernya bisa dideteksi dengan cara yang paling mudah... yaitu:

a. Sperma tumpah

Setelah ML, selalu deh sperma tumpah. Bukan dalam jumlah sedikit, tapi hampir semua :D

Klo pernah mengalami, coba deh diganti posisi ML jangan missionaris, tapi doggie style (bused, bahasanya uda vulgar neh... tapi anggep aja lagi diskusi masalah medis, ya, jadi jangan pada ngeres, hahahahaha!). Klo dengan doggie, sperma nya masuk semua (bungkuuuuusssss! wkwkwkwkw), artinya bener tuh rahim Anda retro... Welcome to the club... mwakakakakaka!

Hush, kok malah diketawain? Seneng ya punya temen senasib? Hihihihi...

Maap-maap... bukan maksud ngetawain. Tapi ya utk lebih memastikan, dicoba aja cek ke dokter. Klo dokter positif bilang retro, tanya lagi... retro-nya gimana dok? Nekuk dikit ato parah? Klo dikit mah santaiiii, masih gampang koook... Gak usah buru2 insem, alami aja dulu dengan gaya nungging, wakakakakakakakakakakakak!

Tapi klo parah? Ya santai jugaaaaaaaaa... Lha wong sekarang jaman uda maju gitu looooh. Ada insem, bayi tabung, macem2 lah bentuknya. Intinya, gak usah cemas, gak usah putus asa. Pasti lah ada caranya.

Trus... skali lagi niiiih gw ingetin... Jangan semua tanda2 ini dijadiin patokan sebelum kalian ke dokter yah! Pokoke utk lebih memastikan, HARUS KE DOKTER (gak pake gak!)

Bused, uda kepanjangan nih. Tangan gw sampe pegel ngetiknya, hahahahaha!

Uda dulu ya, preeeendddzzz... Moga2 bermanfaat ;)

25 comments:

Selvi said...

gua ketawa pas baca : malah fashion show. hehehe, jadi dulu tiap malam fashion show?

ngidam apartemen? kayaknya gua juga sama nih lagi ngidam apartemen tapi nga hamil. hihihi..

Lisa said...

hai.. kenalan yaa. Gue lisa. Gue jg lagi hamil nih. Gue juga kayak lo kok, waktu awal hamil gue jg breastnya gak sakit kok hehehe. Gue jg sempet bingung, kok yang gua baca pada sakit ya. sama juga tuh gue kayak elu.. pencet-pencet sendiri hihihi.

Btw, kemaren dokter bilang gue ada kista telur 1.5cm. Dari hasil googling sih katanya gak bahaya. Punya pengalaman begini gak ? karena sebelomnya gue gak pernah ada kista.

oya.. congratulation yaaa. due datenya kapan ?

.:acen147:. said...

@selvi: iyaaa, kan gw narsis, sel... jadi tiap malem SELALU fashion show nyobain baju yg besoknya mo dipake, hihihihi. ah lu mah ngidam apartemen karena doyan kalee, mwkakakakaka!

uda merit, say? lg program hamil juga kah?

@lisa: ternyata gak semua orang hamil sakit ya PD-nya... gw kira gw doank yang lain, wkwkwkw...
kasus gw emang hamil dan ada kista endometriosis (di indung telur). gpp kok... tp selama kehamilan masih muda, makanan dijaga, jangan yg lemak2, manis2, santen2... supaya kistanya lemah dan gak mempengaruhi baby-nya :)

Lisa said...

wahh.. ternyata lu jg ada ya kista indung telur ituh. Tapi sukurlah kalo beneran gapapa. Itu ntar bisa ilang sendiri apa harus diangkat sih ?

Btw, sekarang gue da 6 weeks, baru berasa breastnya sakit nih. hehehe.

*ijin ngelink blog nya boleh?*

.:acen147:. said...

@lisa: klo gw sih di-suggest nantinya ngelahirin caesar supaya sekalian diangkat. coba aja lu tanya dokter lu sebaiknya gimana?
6 weeks? wah, deketan donk kita... gw sekitar 5 weeks lah, bisa lahiran bareng donk ;)... gw juga baru ngerasa PD sakit belakangan ini... kapan due date? gw 5 juni 2010

boleh aja ngelink blog gw... silahkaan :)

Pitshu said...

aer rebusan daon sirih emang resep dimana2 yah, selain ngilangin bauk juga katanya biar V lebih bersih, cuma sayang na g anak kost beribet masak2 begituan wakakakak..
wah.. pitshu enggak hamil tapi laperan, ngantukan, bawah peyut lembek kek na lemak makin banyak, pd enggak sakit, mual iya soalnya udah 4 hari masuk angin wakakakaka...

.:acen147:. said...

@pitshu: daun sirih emang bagus utk keputihan. Drpd lu beli2 sabun utk cuci ms v malah bikin alergi... Ah lu mah uda bawaan lahir kaya gitu... Nyama2in org hamil... Mwakakakka!

Selvi said...

guu udah merit dan punya anak cowo umur 3 tahun. sekarang sih rencananya mau nambah 1 lagi. Moga-moga aja berhasil deh.

Gua link blog lu yah. Thanks

.:acen147:. said...

@selvi: ow senangnya uda punya momongan. Biar pas kudu nambah 1 tuh cewek, he3. Ok deh, silakan aja d-link ;)

Im3th said...

Selamat ya say atas kehamilannya, semoga ibu dan bayi yg dikandung selalu sehat, selamat.semoga persalinannya nanti lancar dan selamat.
salam kenal, sy Imeth dari semarang, tau blog ini dikasih tau Anung (anung waskito juragan komputer). Panggil aja saya Imeth.
rahim ku juga retro, udah 3,5 thn menikah belom hamil. baca blog ini jadi terharu..hebat banget deh perjuangannya kamu bisa sampai hamil. Kalo saya sekarang lagi break berobat, lagi jenuh...
Semoga saya bisa sekuat kamu ya.Thanks for sharing ttg "perjalanan" mendapatkan si buah hati, bener2 inspiratif.

.:acen147:. said...

@imeth: hi imeth, salam kenal ya. salam jitak buat anung klo ktemu, hahaha (anung maennya sampe semarang?, wkwkwkw)...

imeth, rahim retro kadang gak terlalu masalah, tapi sering juga jadi masalah, huehehehe... mungkin tergantung dari kadar retro-nya. klo yang terlalu nekuk spt saya, agak susah hamil secara alami. tapi klo yang cuma nekuk dikit, mungkin hanya perlu ubah posisi ML pake gaya doggie :d.

kamu tanya deh ke dokter, kira2 retro kamu seperti apa? klo saya djelasin dokter dg cara nekuk kertas sampe jadi 2 gitu, bisa kebayang kan betapa parahnya retro saya :p

btw, uda cek yang lain gak ada masalah? seperti hormon, sperm suami, dsb? jangan cepat menyerah, klo ada masalah digali lebih dalam supaya bisa dicari solusinya. yakin pasti bisa. semangat ya! :)

Anonymous said...

hi mbak, aq jg bru tw ada kista, aq jg bru nikah 6 bulanan, tp iseng2 pgn ngecek2 aja ke dokter eh malah ketauan ada kista ama rahim retro...dokter jg nyaranin supaya gaya ML nya nungging sgala...tanda2nya emg sama persis spt mbak blg...skr aq m swami lg ngosumsi obat sama2 bwt bisa pny baby...doakan yah....

.:acen147:. said...

@anonymous: hi, salam kenal ya... sayang nih kamu lupa nyantumin nama, jadi gak tau kudu nyapa siapa, hehehe...

saranku, klo kamu ke dokter lagi, tanya deh, retro-nya masih ringan atau uda parah? dan karena kamu masih 6 bulan sih santai aja, jangan dijadiin beban. tapi boleh lah dikasih target, misalnya brp bulan berobat ke dokter ini, klo belum berhasil berarti harus cari second opinion :)

moga2 sukses ya :)

resha said...

iya mbak..ne jg lg nyoba dg dokter ini dulu....thanks yah mbak supportnya...
oya kt dokter retronya ga parah...masih ringan n biasa....thanks yah mbak...akhirnya aq nemukan jg yg senasib,,hehehehe...

resha said...

ohya mbak nanya lg, makanan yg emg pantang bgd utk dimakan bgi pengidap kista apa??? ga tw knp si dokternya blg aq hindari makan kedelai...knp sih g tw... emg ada hubungannya ya???trs aq jg disaranin supaya pk ovurtest sgala spy tw masa subur....
ohya..mbak twnya kista ketika udh hamil yah?sebelumnya udh berobat?

.:acen147:. said...

@resha: aku pernah bahas tuh soal pantangan makan utk kista. yang paling utama adalah kedelai. selain itu goreng2an, manis2, lemak2, ayam negri... ada banyak sih, hehehe... kenapa gak tanya sama dokter kenapa harus pantang kedelai. harusnya sih dokter terbuka ya sama pasien, supaya klo ada masalah bisa lebih cepat diatasi :)... tapi klo beneran kista, kamu juga jgn langsung cemas, sekarang uda banyak metode pengobatan. klo gak yakin dg dokter yg sekarang, cari second opinion aja :)

aku taunya ada kista dari sejak 5 bulan merit (belum hamil). sejak itu muter2 pengobatan selama 2 taon, akhirnya hamil. hehehe.

emang siklus mens kamu gak teratur? biasanya tes pake ovutes supaya lebih pasti masa utk bersenggama. atau bisa juga pake metode cek suhu basal (pernah aku bahas juga di postingan2ku sebelumnya, coba deh dicek :))

resha said...

haid aq teratur mbak..ga pernah mandet2..tanda2 kista aja ga ada...plingan skr aq tu suka mual dlm dua hari ini...after check ke dokter...mgkin cuma sugesti aja...

trus mbak dah tw kista knp ga dlm dua taon blakangan di oprasi aja??wkt udh ketauan apa masih kecil jg ya? krn aq di blgnya masih kecil bgd n masih normal kistanya...

tp mbak mantap jg yah...bnk ilmu yg tau...hehehe...

aq mah masih tabu yg maslah gituan.umurku 23 trus mslh intim gni masih tabu..maklum lah masih 6 bln nikah..hehehhe...

.:acen147:. said...

@resha: aku gak mo operasi krn operasi pun tidak menjamin kista hilang, jadi buat apa? perut uda didedel-duel gitu. trus aku juga gak ada pelengketan dan gak ada sumbatan, jadi kesempatan hamil masih ada tanpa operasi.

trus kata dokterku (dr med), klo belum 5cm sih gak usah operasi masih bisa diobatin asal disiplin makan juga hehehe...

oh, waktu aku tau ada kista, aku rajin browsing n searching di internet, baca2 forum, baca2 buku. dari situ tau banyak masalah infertilitas. semakin banyak tau justru semakin optimis klo aku pasti bisa asal jgn pernah putus asa nyoba. karena banyak kasus kok yg lebih berat dari aku tapi karena ketekunan akhirnya berhasil juga :)

so kamu juga jangan putus asa. apalagi baru 6 bulan, harusnya masih semangat2nya :)

Antin said...

halo mba .. katany dokter nya di daerah tangerang ?
boleh kasih info ttg dokter nya ngga ?
aku lagi nyari2 ni untuk dokter kandungan di tangerang ,, makasi info nya :)

.:acen147:. said...

@antin: hi antin, salam kenal... dokterku namanya dr Med Setyabudi. beliau praktek di klinik di Kebon Jahe, RS Siloam Karawaci Tangerang, dan RS Hermina Tangerang. untuk lebih detailnya, coba kamu search di blog ini, banyak banget posting ku soal dr Med, termasuk alamat dan jam prakteknya :)

icka said...

low mba,
aku uda 2 thn kurang nikah, tp sampe skrg lom punya baby, pdhal uda pengen bgt.
feb 2010 aku uda USG 4 Dimensi tp keadaaan rahim mulus & sel telur kiri kanan bagus...
tp mulai januari 2011 ini ada sedikit rasa nyeri di bagian perut sebelah kiri bawah, kaya ada ganjelan gtu.... tp aku raba2 gak ada benjolan ...
menurut km itu kista bukan ???

.:acen147:. said...

@icka: halow, salam kenal... icka, coba cek lagi ke dokter, kali ini minta diyakinkan apakah bener2 bersih, klo perlu USG melalui lubang vagina. karena klo cuma rasa nyeri, ada ganjelan, belum bisa dipastikan kista/lainnya. yang lebih paham tentunya dokter. coba ya kamu ke dokter lagi, moga2 gak ada apa2 :)

Ayaka chocolizyous said...

Halo mbak selvy...salam kenal....
aq baru baca artikel mbak selvy tentang kista ini....kebetulan aq emang lagi nyari mbak...
sebenernya aq belum positif kista sih mbak..cm klo dr tanda2nya koq ya mirip2 gitu....
tiap mau haid selalu nyeri dari PD,perut sampe pinggang...lha ini dari bulan januari malah g dtg2 bulannya...mo bilang hamil aq belom nikah...^^ biasax klo telat mah cuma sebulan,itupun setaon sekali...jd takut.... T_T
rencananya aq mau periksa mbak...klo untuk ngecek ada nggakx kista ckp di usg ajah y mbak?

Ayaka said...

Mbak susi..maaf sebelumnya,sepertinya aq salah tulis nama..maklum mbak,nulisnya sambil ngantuk2..(^_^!)

chai yin said...

halo sis. salam kenal hehehehehe...gw sedang cari tentang penyakit kista. eh.... lalu ketemu blog punya sis. lumayan seru juga y pengalaman sis wkwkwkwk sekalian juga gw mau nanya solusi ama sis,boleh??? gw baru nikah beberapa bulan ini. tapi lom hamil juga. mau pergi periksa gw takut, g tau harus periksa dimana? apakah periksa di rumah sakit besar atau di klinik aja? kalo periksa dirumah sakit besar g tau mau cari dokter apa dan siapa?yg bagus dan tidak sembarangan. tau lah zaman sekarang semuanya pada sembarangan karena uang. jadi gw bingung, gw juga sama sekali lom pernah periksa penyakit jenis apapun. meskipun itu jenis penyakit flu/demam. kalo kena penyakit flu/demam, saya cuma minum obat aja. dah itu sembuh deh. makanya gw lom pernah kenal dokter manapun yg bisa kasih solusi. jadi gw mohon ama sis kasih solusi gimana baeknya gitu loh. hehehehehe... thank you